Selamat Datang di Blog SMPN 1 Batang Kapas Pesisir Selatan

Jumat, 03 Desember 2010

Punya Banyak Teman. Mau ?

Jangan mencari musuh, maka kau akan banyak memiliki teman. Pertemanan dimulai dengan kedekatan, lalu berkembang dengan kesamaan minat, dan dilanggengkan dengan toleransi. Teman
adalah harta terbaik di dunia. Saat sudah tidak memiliki apa pun, kita masih akan bisa bahagia bila masih memiliki teman.

Berikut adalah tips punya banyak teman. Perhatikan dan praktikkan, ya. Supaya kamu dicintai banyak orang.
• Jangan sia-siakan teman

Saat masih bersekolah, kita memiliki banyak teman. Dari mulai belasan, puluhan, hingga ribuan. Namun, kita hanya bersahabat dengan sejumlah orang saja. Saat beranjak lebih tua, jumlah teman biasanya menurun drastis.

Pada masa dewasa atau masa tua, hanya tinggal istri atau suami saja yang akhirnya menjadi teman sejati. Hidup seperti itu tentu akan terasa sepi. Oleh karena itu, rawatlah baik-baik persahabatan dengan kawan-kawan yang kita miliki sekarang.

• Hubungi kembali teman-teman lama

Bertemu dengan teman masa kecil biasanya menyenangkan karena membawa kenangan lama. Bahkan, kita akan merasa tidak cepat tua karena teman-teman dari kecil biasanya memiliki berbagai minat dan kesamaan yang sama, sehingga saat-saat bersama mereka selalu terasa segar.

• Bergabung dengan orang yang memiliki minat yang sama

Saat sudah tiba masa dewasa, kesamaan yang dimiliki bisa membuat seseorang awet berteman dengan banyak orang. Orang yang memiliki mobil yang sama, misalnya, bisa kemudian bergabung di dalam satu klub penggemar jenis mobil tersebut, dan menjalin pertemanan hingga puluhan tahun.

• Tahan emosi

Emosi, terutama rasa marah, amat berbahaya dalam pertemanan. Teman yang kompak dan baik adalah teman yang tidak pernah saling mengecewakan dan tidak pernah menomorsatukan rasa marah antara satu sama lain. Konflik bisa saja muncul, tetapi bisa dikendalikan dengan semangat kekompakan.

• Tidak memilih

Kita tidak memilih-milih teman. Berlatihlah untuk bisa berteman dengan siapa saja, dari latar belakang apa pun. Dengan begitu, pertemanan akan berlangsung tanpa niatan apa pun, kecuali satu: ketulusan. Pertemanan yang tidak memilih, dan tulus, akan memberikan rasa nyaman. Akan tetapi, ada hal-hal yang harus diperhatikan, yaitu sifat dan kebiasaan dari teman kita itu. Apakah ia memiliki sifat yang buruk? Apakah ia memiliki kebiasaan yang membahayakan, seperti pergaulan bebas atau mengkonsumsi narkoba?

Berteman memang harus tulus, tetapi tidak boleh naif. Kenaifan dalam berteman akan membuat kita menjadi bulan-bulanan. Oleh karena itu, lebih baik mencari orang dengan sifat yang baik dan kebiasaan yang baik, untuk menjadi teman. Dengan begitu, akan terbangun persahabatan yang hangat.

• Penerimaan tanpa syarat

Dalam ilmu psikologi, teman adalah terapis terbaik. Mengapa? Karena teman memiliki hal utama untuk mengatasi semua masalah, yaitu penerimaan tanpa syarat. Apa maksudnya? Penerimaan tanpa syarat adalah suatu kondisi saat kita diterima untuk semua kekurangan dan kelebihan kita, tanpa adanya syarat apa pun. Kita bisa merasa nyaman menjadi diri sendiri di depan teman-teman kita.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ma kasih atas kunjungannya,..balik lagi ya,...!